-->

Membuat Program Sederhana Visualisasi Data Menggunakan Streamlit Python


Halo kawan kawan balik lagi di blog Malas Tech pada artikel ini kita akan membahas Membuat Program Sederhana Visualisasi Data Menggunakan Framework Streamlit, Cukup menarik bukan? pada artikel sebelumnya kita sudah membahas cara install nya nah sekarang kita akan langsung praktek. Ini hanya program sederhana kalian bisa mengembangkan lagi seperti menggunakan API, Excel dan sebagainya.

Apa itu Visualisasi Data?

Visualisasi data atau data visualization adalah tampilan berupa grafis atau visual dari informasi dan data. Dengan kata lain, data visualization mengubah kumpulan data menjadi hal lebih sederhana untuk ditampilkan.

Membuat Program

Setelah mengetahui apa itu Visualisasi Data kita langsung mempersiapkan bahan-bahan nya atau juga library yang di pakai.

pip install pandas

Kalian install module tambahan yaitu pandas, biasanya sudah terinstall saat menginstall module streamlit, tapi coba di install aja buat ngecek dan jaga jaga.

Tahap Tahap Code

import streamlit as st
import pandas as pd

Pertama kita harus import module ke dalam script python kita, as adalah sebagai jadi tidak perlu menuliskan streamlit cukup st saja.
data = {
"Kelas":["MIPA","IPS","IIK"],
"Nilai Rata":[90,95,80]
}

Code di atas adalah variabel yang berisi dictionary dengan nama kelas berisi value kelasnya dan nilai dengan value nilai rata-ratanya, mungkin temen temen udah paham dengan itu jadi kita lanjut.
data=pd.DataFrame(data)

Nah setelah itu kita menggunakan library pandas yang digunakan untuk membuat data frame jika belum paham data frame mungkin mudahnya seperti excel itu.
data=data.set_index("Kelas")

Selanjutnya adalah menyetel index nya, apa itu index dalam data frame? Index simplenya nama urutan per kolom seperti 1,2,3,4 dan seterusnya, nah nama urutan ini kita isi Kelas yang ada di variabel data.
st.bar_chart(data)

Terakhir menampilkan bar chart nya dengan class bar_chart dengan object data di atas tadi, kalau belum paham ini seperti print, sudah jadi tinggal teman-teman run aja dan liat hasilnya.

Full Code

# mengimport module yang digunakan ke dalam script
import streamlit as st
import pandas as pd
# variabel data dictionary dengan isi Kelas dan Nilai
data = {
"Kelas":["MIPA","IPS","IIK"],
"Nilai Rata":[90,95,80]
}
# Membuat data menjadj tabel dengan menggunakan library Pandas
data=pd.DataFrame(data)
# Menyetel index dengan nama nama kelas
data=data.set_index("Kelas")
# Menampilkan data yang sudah kita siapkan
st.bar_chart(data)

Hasil



Hasilnya lumayan bagus kan, kalian bisa tingkatkan lagi biar lebih bagus dan menggunakan data API ataupun excel, selamat anda berhasil membuat program sederhana yang berkaitan dengan data science hehe, sekian untuk artikel kali ini semoga bermanfaat buat temen-temen, sampai jumpa di artikel selanjutnya, Terimakasih
RidwanX Halo, Nama Saya Ridwan Asal Yogyakarta Dan Hobi Saya Ngeblog, Technology, Internet

Belum ada Komentar untuk "Membuat Program Sederhana Visualisasi Data Menggunakan Streamlit Python"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel