-->

Framework Python Untuk Membuat Web App Bagian Data Science


Hallo kawan-kawan balik lagi di blog Malas Tech pada artikel kali ini saya akan membagikan cara membuat web app menggunakan framework python, sebelumnya kita harus mengenal apa itu Framework, oke langsung saja ke penjelasannya dan tutorialnya.

Apa itu Framework?

Framework adalah sebuah kerangka kerja yang digunakan untuk mengembangkan website. Framework ini diciptakan untuk membantu web developer dalam menulis baris kode. Dengan menggunakan framework penulisan kode akan jauh lebih mudah, cepat, dan terstruktur rapi.

Fungsi Framework

Fungsi dari Framework adalah membuat proses pemrograman menjadi lebih mudah dan lebih cepat dalam pengerjaan nya.

Cara Install Framework Streamlit

Pada artikel kali ini kita akan menggunakan module yang bernama Streamlit apa kalian sudah pernah dengar library ini atau belum? Jika belum saya jelaskan apa itu Streamlit.

Apa itu Streamlit Python?

Streamlit adalah framework berbasis Python yang bersifat open source dan dibuat lebih interaktif khususnya dalam membangun sebuah aplikasi website di bidang data science.

Yang perlu disiapkan sebelum install:

- Laptop/PC
- Python 3.7 sampai 3.10
- PIP
- Module Env & Streamlit

Oke jika kalian sudah siap semua dengan bahan di atas langsung aja ke instalasinya.

1. Install Virtual Enviroment

Kalian buka terminal jika di windows bisa CMD atau Powershell, lalu kalian install pip terlebih dahulu jika belum, jika sudah langsung saja ketik.
pip3 install pipenv

2. Jalankan Virtual Enviromentnya

Kalau kalian sudah install selanjutnya adalah menjalankan Virtual Enviromentnya sebelum itu kalian masuk ke directory yang khusus buat streamlit agar tidak tercampur yang lain, contoh disini directory yang saya masukan adalah $pythonku nah jika sudah masuk directory nya langsung saja jalankan Virtual Enviroment dengan command berikut.
pipenv shell

3. Install Library Streamlit

Kalau virtual enviroment nya sudah berjalan seperti di atas lanjut kalian install modulenya dengan menggunakan pip version 3.
pip3 install streamlit

Jika berhasil install maka tampilan nya akan seperti itu tanpa ada error sama sekali.

4. Jalankan Streamlit

Tahap terakhir nya adalah menjalankan streamlit dengan sangat mudah menggunakan command
streamlit hello
Dengan command di atas akan muncul seperti ini yaitu Local URL dan Network URL, untuk akses biasa pilih Local URL dan jalankan di browser masing-masing.


Dan tampilan di browser nya seperti ini


5. Akhir

Cukup mudah bukan untuk cara install framework streamlit ini, karena saya menjalankan nya ini di Linux bagi kalian yang menggunakan Windows bisa cek di docs nya.


Untuk artikel selanjutnya kita akan membuat program sederhana yang berkaitan dengan data science dengan di visualisasikan di web app, sangat menarik bukan Streamlit ini pantengin saja blog ini bakal ada artikel yang bakal menarik, silahkan share ke temen-temen yang pengen banget buat web app pake python tapi ga bisa pake flask dll, pas banget ada module ini yang class nya sangat simple dan mudah. Terimakasih sudah berkunjung sampai jumpa di artikel selanjutnya, jika ada yang bermasalah bisa hubungi saya.
RidwanX Halo, Nama Saya Ridwan Asal Yogyakarta Dan Hobi Saya Ngeblog, Technology, Internet

Belum ada Komentar untuk "Framework Python Untuk Membuat Web App Bagian Data Science"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel