-->

MultiThreading Di Python

 


Halo kawan-kawan kembali lagi di blog Malas Tech pada kesempatan kali ini kita akan membahas MultiThreading yang ada di python, perlu di ingat ini bukan multiprocessing nah
setiap proses hanya memilki satu thread, sehingga program hanya dapat menjalankan satu tugas dalam satu waktu. namun jika proses memilki beberapa thread, maka prosesnya dapat menjalakan kan beberapa tugas pada satu waktu dan hal ini disebut multithreading

1. Menggunakan Module Threading.

import threading
Yang pertama yaitu mengimport modulenya dan tidak perlu install soalnya udah built-in atau sudah bawaan pas install python.

2. Perbedaan Kecepatan No Thread,Thread

• Tidak Menggunakan Thread

Code di atas kita menggunakan class dan berisi function buat tes nanti, bisa dilihat disitu kita memanggil func kelambatan tidak menggunakan thread target ya teman teman, sekarang kita lihat kecepatan finished nya berapa detik.


Nah total nya sekitar 8 detik an dan itu cukup memakan waktu, sekarang kita lihat yang memakai thread target.

Menggunakan Thread

Bisa kita lihat gambar code di atas kita telah menggunakan target threading, dengan menggunakan class function Thread, setelah itu kita cek kecepatan finished nya.


Total waktu yang dibutuhkan untuk finished nya sekitar 0,2 detik an, waktu yang sangat singkat bukan yang dari 8 detik menjadi 0,2 detik, ini kita memanggil func kelambatan 4 ya jadinya bisa disebut MultiThreading karena menjalankan lebih dari 1 tugas.

Sekian untuk artikel kali ini mungkin lain kali kita akan membahas Multiprocessing, jika kalian suka dengan artikel ini boleh banget bisa share ke media sosial teman-teman, sampai jumpa di artikel selanjutnya.
RidwanX Halo, Nama Saya Ridwan Asal Yogyakarta Dan Hobi Saya Ngeblog, Technology, Internet

Belum ada Komentar untuk "MultiThreading Di Python"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel